Jenjang Karir Pariwisata

B. Uraian tugas (job description) karir di bidang Pariwisata dan
Perhotelan
1. Bidang Pariwisata
a. Pramuwisata
Menurut Oka A. Yoeti (......) pramuwisata adalah seorang yang
memberikan penerangan, penjelasan serta petunjuk kepada wisatawan dan
traveler lainnya, tentang segala sesuatu yang hendak dilihat dan disaksikan
bilamana mereka berkunjung pada suatu objek, tempat atau daerah
tertentu.Secara umum pengertian pramuwisata adalah orang yang bertugas
memberikan bimbingan, informasi dan petunjuk tentang atraksi atau destinasi.
Adapun perumusan berbagai jenis pramuwisata tersebut adalah :
1. Pramuwisata umum (General guide) adalah pramuwisata yang
mempunyai pengetahuan mengenai kebudayaan, kekayaan alam dan
aspirasi kehidupan bangsa atau penduduk sesuatu wilayah secara umum
yang mempunyai ijin untuk memberikan bimbingan perjalanan dan
penerangan kepariwisataaan dengan mempergunakan satu atau beberapa
bahasa tertentu terhadap wisatawanbaik sebagai perseorangan atau secara
berkelompok.
2. Pramuwisata khusus (special guide) adalah pramuwisata yang mempunyai
pengetahuan mengenai objek wisata secara khusus mendalam mengenai
satu atau lebih objek wisata seperti kebudayaan, arkeologi, sejarah teknik
perdagangan, keagamaan, ilmiah, margasatwa, perburuan dan lain
selanjutnya yang mempunyai ijin usaha atau kegiatan untuk membimbing
perjalanan dan memberikan penerangan kepaada wisatawan baik sebagai
perseorangan atau sebgai kelompok dengan menggunakan satu atau
beberapa bahasa tertentu.
3. Tour conductor (pembimbing darmawisata) adalah pramuwisata senior,
yang mempunyai kartu tanda pramuwisata untuk memimpin perjalanan
satu kelompok wisatawan yang melakukan perjalanan di suatu wilayah
atau beberapa negara guna memberikan asistensi perjalanan, bimbingan
dan penerangan mengenai objek wisata, kebudayaan, kekayaan alam dan
aspirasi kehidupan dari penduduk/ bangsa wilayah yang dijelajahnya.
4. Pramuwisata pengemudi (guide driver) adalah pramuwisata yang
mempunyai kartu tanda pramuwisata untuk memberikan bimbingan
perjalanan dan penerangan umum mengenai objek wisata, kebudayaan,
kekayaan alam, dan aspirasi kehidupan bangsa disammping kedudukannya
sebagai pengemudi kendaraan umum seperti taxi, touring coach, bus dan
sebagainya.Dalam hubungan kerjanya pramuwisata dapat pula dibedakan sebagai
berikut:
a. Pramuwisata tour operator (tour operator guide)
b. Pramuwisata objek wisata (turist object guide)
c. Pramuwisata bebas (indepent guide)
Adapun syarat-syarat menjadi pramuwisata adalah sebagai berikut:
a. Warga Negara Indonesia
b. Umur serendah-rendahnya 20 tahun
c. Menguasai bahasa Indonesia dan salah satu bahasa asing dengan
lancar.
d. Mengetahui pengetahuan tentang objek-objek wisata dan ketentuan
mengenai perjalanan wisata.
e. Sehat fisik dan mental
f. Berkelakuan baik
g. Memiliki sertifikat dan tanda pengenal pariwisata.
Untuk syarat-syarat pemimpin perjalanan wisata adalah:
a. Warga Negara Indonesia
b. Umur serendah-rendahnya 25 tahun
c. Menguasai bahasa Indonesia dan salah satu bahasa asing dengan
lancar.
d. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam memimpin dan
mengatur perjalanan wisata.
e. Sehat fisik dan mental.
f. Memiliki sertifikat dan tanda pengenal pemimpin perjalanan wisata.
b. Pramugari
1) Deskripsi Pekerjaan
 Memberikan pelayanan pada penumpang dengan memberikan makanan
dan minuman, menghidupkan sistem hiburan musik/film, membimbing
penumpang menuju tempat duduk yang sesuai nomor pada tiketnya
serta menjelaskan rute penerbangan dan sebagainya.  Menjelaskan prosedur keselamatan penerbangan, seperti bagaimana
cara mengenakan sabuk pengaman.  Mengecek kebersihan dan kelayakan peralatan kabin penumpang.
2) Kemampuan yang dibutuhkan
 Secara aktif mencari tahu apa kebutuhan penumpang penumpang dan
mencoba untuk memberikan bantuan.  Kemampuan berkomunikasi secara aktif.  Ketahanan fisik untukmenghadapi beragam kondisi penerbangan.
3) Tipe kepribadian: Enterprising
4) Pendidikan yang dibutuhkan:
Minimal SMA/SMK dengan tinggi badan danberat badan proporsional.
Tidak diperkenankan menggunakan kacamata. Beberapa perusahaan
memperbolehkan penggunaan lensa kontak,misalnya Garuda Indonesia.
Pengetahuan yang dibutuhkan untuk pengembangan:  Pengetahuan untuk memperkirakan kebutuhan pelanggan, memberikan
pelayanan yang tepat sesuai kebutuhan dan melakukan evaluasi atas
pelayanan yang diberikan.  Pengetahuan untuk memberikan pertolongan pertama terhadap
penyakit, cidera dan alergi.  Memahami prinsip dan pengetahuan untuk memindahkan barang.  Memahami karakteristik dari laut, sungai, dan topografi daratan beserta
binatang dan tumbuh-tumbuhan untuk keperluan evakuasi jika pesawat
harus mendarat darurat.  Memahami prinsip-prinsip kerja dan penggunaan dari alat-alat
keselamatan.  Memahami aturan mengenai perlindungan konsumen, termasuk
perlindungan atas data pribadi milik penumpang.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Reservasi Tiket Melalui Galileo

Tutorial Cara Memesan Tiket Pesawat Melalui Sabre

Tugas kode SSR dalam Penerbangan